Cara Membuat Bir Pletok Khas Betawi

Cara Membuat Bir Pletok Khas BetawiCara Membuat Bir Pletok Khas Betawi – Selamat pagi sahaat mama, dah cukup lama mama tidak berbagi resep disini, mumpung lagi weekend cocok banget untuk berbagi resep dari mama.

Di kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi resep minuman Tradisional asal Betawi yaitu Bir Pletok. walaupun namanya Bir, Minuman Tradisional ini tidak mengandung Alkohol justru Bir Pletok memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan.

Kenapa Bir Pletok memiliki khasiat banyak, itu di sebabkan oleh banyaknya kandungan rempah yang terdapat pada bahan dasar Bir Pletok ini.

Berikut ini merupakan Cara Membuat Bir Pletok Beserta bahannya.

Bahan Bir Pletok :

  • Air, 2 liter
  • Jahe, 350 gram, memarkan
  • Cengkih, 6 butir
  • Kayu manis, 5 cm
  • Kapulaga, 3 biji
  • Serai, 5 batang, memarkan
  • Kayu secang, 25 gram
  • Pala, 1/2 butir, memarkan
  • Gula pasir, 500 gram
  • Garam, secukupnya

Cara membuat Bir Pletok :

  1. Campur air dan gula dalam panci bertangkai.
  2. Masukkan jahe, rebus di atas api sedang hingga mendidih dan gula larut.
  3. Tambahkan kayu secang, aduk rata.
  4. Masukkan kayu manis, cengkih, kapulaga dan pala.
  5. Tambahkan serai, masak di atas api kecil hingga aroma rempahnya keluar, kurang lebih 1 jam.
  6. Saring dan sajikan.

Untuk Resep “Cara Membuat Bir Pletok Khas Betawi” standarnya buat di sajikan 10 gelas Bir Pletok.

Resep Nasi Kuning

Resep Cara Menbuat Nasi kuning

Resep Cara Membuat Nasi Kuning

Sepertinya kita tidak asing lagi dengan Nasi kuning.Biasanya identik dengan makanan saat menghelat selamatan, Nasi kuning tumpeng.

Secara garis besar resep nasi kuning terbuat dari bahan-bahan rempak serta santan.OK, mama akan membagikan Resep membuat nasi kuning,

Cara membuat nasi kuning yang gurih dan komplit

Bahan Membuat Nasi Kuning :

600 gr beras,(sudah dicuci, dan ditiriskan)
800 ml santan dari 1 butir kelapa
4 lembar daun pandan
1/4 sdt kunyit bubuk
100 ml perasan air kunyit dari 100 gram kunyit parut
6 lembar daun jeruk purut buang tulang daunnya
3 batang serai dimemarkan
1/ sdm garam

Bahan pelengkap nasi kuning :

Ayam
telur dadar tipis dari 2 butir telur
2 buah timun diiris tipis
bawang goreng secukupnya
telur
acar
perkedel kentang
kering tempe
kerupuk
daun selada
(Pelengkapnya:selera anda,pilihan)

Cara membuat nasi kuning :

Langkah pertama Rendam dahulu beras dalam campuran air, kunyit bubuk, dan air kunyit.

Rendamlah kira-kira 30 menit sampai meresap dan tiriskan.

Kemudian kukus beras kurang lebih selama 15 menit.

Rebuslah santan, daun pandan, daun jeruk, serai dan garam sambil diaduk sampai mendidih.

Kemudian masukkan beras yang sudah dikukus kedalam rebusan santan dan bahan lain.

Kukus kembali selama 30 menit (sampai matang)
Sajikan dengan pelengkap.
Untuk penyajian Nasi kuning Tumpeng

Bentuklah nasi kerucut terbalik, taruh pelengkapnya disekelilingnya, kreasikanlah sesuai kreasi anda.
Selamat mencoba, coba dulu baru komentar bilang “susah” membuat resep Nasi kuning.

Resep Nasi kuning komplit | Resep Nasi kuning komplit | Resep Nasi kuning rice cooker | Resep Nasi kuning manado | Resep Nasi kuning tumpeng | Resep Nasi kuning enak | Resep Nasi kuning gurih | Resep Nasi kuning sederhana | Resep Nasi kuning ncc | Resep Nasi kuning lengkap | Resep Nasi kuning praktis |

Resep Es Cincau Hitam yang Nikmat

Resep Es Cincau Hitam yang NikmatResep Es Cincau Hitam yang Nikmat – Kata orang-orang Cincau Hitam memiliki banyak sekali khasiat, kalau yang mama tahu salah sat khasiatnya adalah meredakan panas dalam dan juga yang paling jelas khasiatnya di buat untuk membuat es yang segar, hehe

Buat anda yang penasaran, membuatnya sangatlah mudah sekali tinggal menyiapkan bahan-bahannya aja kok tidak terlalu susah di bandingkan es yang lainnya.

Inilah Cara Membuat Es Cincau Hitam yang Nikmat :

Bahan Es Cincau Hitam:
100 gram nata de coco (kalau tidak ada tidak apa-apa)
5 mata nangka matang, di potong dadu(di ganti buah lain juga bisa)
1 sendok teh biji selasih kering, yang sudah di rendam dan sudah mengembang
100 gram cincau hitam, yang di potong dadu
10 sendok makan susu kental manis putih
Es Serut secukupnya

Kuah Es Cincau Hitam:
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
250 gram gula pasir
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1/2 sendok teh garam

Cara Penyajian Es Cincau Hitam:
1. Pertama Kuah santan: Campur semua bahan kuah, aduk rata. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, dan sisihkan.
2. yang kedua Siapkan gelas saji, masukkan semua bahan yaitu 2 sendok makan cincau hitam, 2 sendok makan nata de coco, 2 sendok makan nangka, 2 sendok makan selasih dan 2 sendok makan susu kental manis putih.
3. Beri es serut diatasnya sesuai, siram dengan kuah santan, sajikan.

Untuk penyajian di atas bisa sesuai selera anda, selamat mencoba Resep Es Cincau Hitam yang Nikmat.

Resep Tahu dan Tempe Goreng Bumbu Kuning

Resep Tahu dan Tempe Goreng Bumbu KuningResep Tahu dan Tempe Goreng Bumbu Kuning – Tahu dan Tempe merupakan makanan yang cukup memasyarakat. karena dua makanan tersebut sudah melekat di masyarakat indonesia. apalagi tempe, makanan tempe merupakan khas dari indonesia.

Untuk makanan ini cara memasakanya pun cukup mudah biasanya hanya di goreng, tapi di sini saya memberikan resep taidak hanya di goreng biasa tapi di beri bumbu kuning biar terlihat menarik dan juga lezat.

Nah di bawah Generic cialis cheap ini lah Cara Membuat Tahu dan Tempe Goreng Bumbu Kuning :

Bahan Tahu dan Tempe Goreng Bumbu Kuning :

    • 200 gr tempe, potong ukuran 3 x 4 cm
    • 7 buah tahu putih, pilih ukuran kecil
    • 1000 cc air, untuk merebus
    • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Tahu dan Tempe Goreng Bumbu Kuning :

    • 6 buah bawang merah
    • 3 siung bawang putih
    • 1 sdt ketumbar
    • 1/2 sdt merica
    • 1 ruas jari kunyit
    • Garam secukupnya, haluskan
    • 1/2 ruas jari lengkuas, memarkan
    • 1 lembar salam

Cara membuat Tahu dan Tempe Goreng Bumbu Kuning :

    1. Rebus tempe dan tahu dengan semua bumbu hingga http://voicecouncil.com/?tags=/buy-cialis-generic.php kuah mengering dan bumbu meresap, angkat.
    2. Goreng tempe tahu hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Cara Membuat Gurame Bakar Bumbu Serai

Cara Membuat Gurame Bakar Bumbu SeraiCara Membuat Gurame Bakar Bumbu Serai – Gurame memang salah satu ikan yang sangat di sukai oleh banyak orang karena kelezatan dagingnya ketika di masak.

Anda bingun memasak ikan gurame, jangan bingun disini mama memberi salah satu alternatif memasak ikan viagra online cheap gurame. alternatif memasak gurami adalah dengan cara di bakar, tapi tidak hanya di bakar dengan kecap dan garam saja tapi yang di berikan mama ini di beri bumbu serai.

nah bagi anda yang ingin mencoba Resep  Gurame Bakar Bumbu Serai, ayo buruan siapkan bahan dan peralatannya.

 

Bahan Gurame Bakar :

  • 1 ekor gurame sedang
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan

Bumbu Gurame Bakar :

  • 5 sdm minyak goreng
  • 3 buah cabai rawit hijau, iris tipis
  • 5 buah cabai merah besar, iris tipis
  • 6 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 batang serai, iris halus
  • 1 sdt terasi bakar
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 buah belimbing wuluh, iris tipis

Cara Membuat Gurame Bakar Bumbu Serai:

  • Siapkan ikan gurame, bersihkan lalu kerat-kerat.
  • Lumuri dengan garam, air jeruk nipis, dan bawang
  • putih. Diamkan 10 menit.
  • Siapkan bara api panas,
  • bakar ikan gurami dengan menggunakan rak kawat atau panggangan hingga matang dan agak gosong,
  • sambil sesekali diolesi minyak dari bumbu serai.
  • Bumbu serai: Panaskan minyak goreng, kemudian semua bumbu ditumis hingga harum,
  • angkat.
  • Sajikan ikan bakar dengan siraman bumbu serai.

Jangan takut mencoba, dan Selamat mencoba Cara Membuat Gurami Bakar Bumbu Serai dari mama ini. terus lah berkreasi untuk menghasilkan hasil yang baik.

Sayur Rebung Santan Yang Lezat

Resep Sayur Rebung Santan

Sayur Rebung santan yang mmm yummy, disajikan dengan nasi hangat apalagi disantap dengan keluarga tercinta pasti tambah nikmat rasanya.Berawal dari salah satu teman di Fanspage Facebook Aneka masakan Mama yang post di wall FP tersebut “Sayur bonk…Jian.Seger!”.Dan Itu mungkin yang dimaksud Sayur Rebung.

Sayur Rebung Santan Yang Lezat

Mungkin sebagian orang tidak menyukai Sayur rebung, bagi kalian yang tidak tau apa itu Rebung ( rebung:Bambu yang mASIH muda).Dengan Resep Sayur Rebung Santan yang mama sajikan semoga yang awalnya tidak suka, mungkin akan suka.Simak berikut

Resep Sayur Rebung Santan

Bahan dan bumbu
rebung, 200gr, dipotong-potong
santan 1500 mililiter dr 1 buah kelapa
labu siam, 100gr, dipotong-potong seukuran korek api
lengkuas, 2cm, dimemarkan
daun salam, 1 lmbar
daun jeruk, 2 lmbar tulangnya dibuang
ebi, 1/2 sdm, haluskan juga disangrai
cabe hijau besar, 2 butir, potong-potong menyerong
cabe merah besar, 2 butir, potong-potong menyerong
1 sdt gula pasir
1 sdm garam
minyak, 2 sdm tuk menumis
Bumbu halus
terasi, 1/2 sdt, bakar
kemiri, 3 butir, sangrai
kunyit, 1cm, bakar
bawang putih, 3 butir
bawang merah, 6 butir

Cara Membuat Sayur Rebung Santan

1.Haluskan bumbu lalu ditumis bersama daun jeruk, daun salam, cabe dan lengkuas hingga tercium harum.
Kemudian tambahkan ebi. Lalu diaduk sampai rata.
2.Setelah itu masukan rebung, labu siam, gula dan garam. Kemudian aduk rata kembali.
3.Selanjutnya tuangkan santan lalu masak hingga matang.
4.Angkat dan sayur rebung siap disajikan.

Cukup mudah bukan membuat Sayur Rebung Santan, Demikian Resep Sayur Rebung Santan, Selamat Mencoba dan Menikmatinya Ya!!!.

Resep Membuat Es Cendol Alpukat Segar

Resep Membuat Es Cendol Alpukat SegarResep Membuat Es Cendol Alpukat Segar – Sebentar lagi kita menuju bulan puasa, ini mama punya resep untuk minuman yang segar sekali yaitu  Es Cendol Alpukat.

Es Cendol  sangat cocok sekali untuk berbuka puasa, karena memiliki citarasa yang segar dan manis. minuman Es Cendol bisa menjadi salah satu pilihan berbuka puasa. untuk pembuatanya pun tidak begitu sulit di bandingkan ES Selendang Mayang atau Es Palu Butung.

Untuk anda yang ingin membuat, jangan khawatir karena disini kita memberikan Resep Es Cendol Alpukat Segar.

Bahan Membuat Es Cendol Alpukat Segar

  • 200 gr cendol siap hidang
  • 2 buah kelapa muda, yang kerok melebar
  • 125 gr kolang-kaling, dipotong sesuai selera
  • 1 buah avokad, yang kerok melebar
  • 20 gr sagu mutiara warna merah, yang direbus
  • 150 gr nata de coco
  • 600 gr es serut
  • 6 sdm susu ketan manis putih

Bahan Sirup Es Cendol Alpukat Segar

  • 300 ml air
  • 200 gram gula pasir
  • 5 tetes pewarna merah tua

Cara Membuat Es Cendol Alpukat Segara

  1. Sirup, rebus air, gula pasir, dan pewarna merah tua sambil diaduk sampai mendidih di atas api kecil.
  2. Tata cendol, kelapa muda, kolang kaling, avokad, sagu mutiara, nata de coco, es serut, sirup merah di dalam gelas saji.
  3. Tambahkan es serut dan susu kental cheap levitra online manis putih.
  4. Sajikan

Resep Es Cendol Alpukat Segar diatas biasanya di sajikan untuk 6 porsi. tapi bisa anda sajikan berpa porsi itu tergantung selera anda. selamat mencoba dan selalu kreasikan masakan anda.

Referensi :

Cendol – Wikipedia, the free encyclopedia

Cendol /ˈtʃɛndɒl/ is a traditional dessert originating from Southeast Asia … The most famous variant of Javanese es dawet is from Banjarnegara, Central Java.

Eis cendol recipe : SBS Food

Pronounced “ess-chen-doll”, this is a dessert or aperitif consisting of highly textural “green worm” noodles called cendol that are made of mung bean flour and …

Resep Membuat Orak Arik Tempe

Resep Membuat Orak Arik TempeResep Membuat Orak Arik Tempe – Masakan kali ini merupakan masakan yang sangat sederhana. di samping sederhana bahannya pun cukup terjangkau nama masakannya adalah Orak Arik Tempe.

Selain sederhana, masakan ini pun cukup di gemari oleh masyarakat indonesia, karena rasanya yang sangat enak. Orak Arik Tempe berbahan dasar tempe pastinya.

Untuk pembuatan orak tempe cukup mudah tidak begitu sulit, dan bahannya juga mudah di dapatkan tidak sulit mencari bahannya. buat anda yang ingin mencobanya bisa langsung mencobanya.

Bahan Bumbu Orak Arik Tempe:

  • 1 batang tempe segar, iris korek api, goreng garing
  • 1 bungkus teri asin, cuci bersih, tiriskan, goreng kering
  • 100 gram kacang tanah, digoreng matang
  • 4 sendok makan bawang merah goreng
  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 3 buah cabai besar, diiris tipis serong, digoreng

Bumbu dihaluskan :

  • 1 buah cabai besar, buang biji
  • 6 buah bawang merah
  • 1 buah bawang putih
  • 4 sendok makan santan kental
  • 2 sendok makan gula jawa
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 iris lengkuas, digeprek pipih
  • 3 buah daun salam
  • secukupnya garam

Cara Membuat Orak Arik Tempe :

  1. Langkah awal goreng sebentar saja bawang merah,bawang putih serta juga cabai. lalu tumbuk halus.
  2. Selanjutnya tumislah bumbu halus tadi dan lengkuas sampai harum.
  3. Kemudian masukkan gula merah dan juga daun salam, aduk-aduk sebentar. lalu masukkanlah kecap manis, air jeruk nipis dan juga santan.
  4. Lalu beri sedikit garam dan masak, aduk-aduk sebentar, cicipi.
  5. Biarkan bumbu matang, kemudian masukkan semua bahan kering, aduk-aduk sampai rata bener. beres deh tuh resep orak arik tempe ini.

Nah diatas Resep dan Cara Membuat Orak Arik Tempe, gimana tidak sulitkan selamat mencoba. resep diatas bisa di kombinasi sesuai selera anda.

Resep Bubur Manado

Resep Bubur ManadoResep Bubur Manado – Indonesia memang kalau soal budaya dan masakan hampir setiap daerah memiliki khas yang berbeda-beda tapi memiliki citarasa yang sesuai lidahnya masyarakat indonesia. salah satunya adalah Bubur Manado.

Bubur Manado atau Tinutuan merupakan salah satu makanan khas dari Kota Manado, Sulawesi Utara.

Beberapa hari yang lalu bubur manado cukup populer karena di populer oleh norman kamaru artis dadakan mantap brimob. malah bahas artis, kembali ke masakan bubur manado, masakan yang satu ini selai memiliki rasa yang sangat khas jua memiliki giz yan cukup lumyan banyak. karena di dalam bubur manado ada karbohidrat dan kandungan pada sayur itu membuat masakan ini sehat.  nah langsung saja ke bahan dan cara  membuat Bubur Manado.

Bahan Bubur Manado :

  • Beras    100 gr
  • Air    2 liter
  • Garam    secukupnya
  • Lada (Merica)    secukupnya
  • Bawang Putih    1 siung
  • Ubi Jalar Merah    100 gr
  • Labu Kuning    100 gr
  • Jagung Manis    100 gr
  • Daun Bayam    50 gr
  • Daun Kangkung    50 gr
  • Daun Kemangi    25 gram

Cara Membuat Bubur Manado :

  1. Masak beras bersama air dan garam hingga setengah matang. Masukkan bawang putih, ubi merah, labu kuning, dan jagung, aduk rata. Masak kembali hingga lunak.
  2. Tambahkan merica dan sisa sayuran,aduk rata sampai bubur mengental dan sayuran matang. Angkat.
  3. Sajikan hangat dengan ikan asin goreng dan sambal tomat.

Selamat mencoba Resep Bubur Manado.

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging SapiResep Rendang Daging – Daging merupakan masakan yang di sukai oleh banyak orang dari orang tua sampai anak muda dan juga anak-anak, walau pun terkadang untuk orang tua mengurangi  makan daging.

Untuk masakan daging sebenarnya banyak sekali resepnya, tapi kali ini mama memilih memasak danging dengan Resep Rendang Daging. kenapa mama memilih resep ini, karena banyak orang indonesia sangat suka sekalai dengan masakan ini.

Rendang Daging merupakan masakan khas dari orang padang, tapi hampir masyarakat indonesia menyukainya. entah itu orang jawa,orang sunda, maupun orang betawi juga menyukai masakan rendang daing ini.

langsung saja keresepnya, yang harus dipersiapkan 1 Kg Daging (lebih baik menggunakan daging yang rendah lemak), potong daging menjadi beberapa bagian lalu dicuci hingga bersih. Persiapkan 3 butir kelapa tua, lalu diparut dan peras sehingga menjadi santan.

Bahan Bumbu Daging Rendang :

  •  20 Siung bawang merah
  •  10 Siung bawang putih
  •  2 Ruas Jahe yang sudah dibersihkan
  •  1 Ons Cabe merah yang sudah digiling halus
  •  1 Sendok Teh merica (merica bubuk)

Tambahan Bahan Bumbu Rendang Lainnya :

  •    3 cm laos (dikeprak hingga halus)
  •    2 cm jahe
  •    15 buah bawang merah
  •    1 ons cabe merah
  •    6 siung bawang putih

Cara Membuat Daging Rendang :

  1.  Potong terlebih dahulu daging yang telah dibersihkan tadi menjadi beberapa bagian.
  2.  Rebus santan kelapa bersama dengan bumbu yang telah diolah tadi ditambah dengan dedaunan serta asam kandis.
  3.  Lakukan pengadukan secara terus menerus hingga santan mengental dan tidak pecah santannya.
  4.  Masukkan Daging kedalam rebusan santan dan bumbu-bumbu jika rebusan santan sudah mengeluarkan minyak.
  5.  Aduk terus dengan api kecil jika air santan sudah mulai menyatu dengan Daging, lakukan pengadukan sampai Daging rendang berwarna kecoklatan.
  6.  Selesai, anda bisa menyajikan untuk beberapa porsi.

Untuk anda yang ingin masakan selain Rendang Daging bisa menggunakan Resep Empal Gentong.